Selasa, 11 Oktober 2011

Definisi Bahasa

Menurut Keraf dalam Smarapradhipa (2005:1), memberikan dua pengertian bahasa. Pengertian pertama menyatakan bahasa sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Kedua, bahasa adalah sistem komunikasi yang mempergunakan simbol-simbol vokal (bunyi ujaran) yang bersifat arbitrer.

menurut Owen dalam Stiawan (2006:1), menjelaskan definisi bahasa yaitu language can be defined as a socially shared combinations of those symbols and rule governed combinations of those symbols (bahasa dapat didefenisikan sebagai kode yang diterima secara sosial atau sistem konvensional untuk menyampaikan konsep melalui kegunaan simbol-simbol yang dikehendaki dan kombinasi simbol-simbol yang diatur oleh ketentuan).

Tarigan (1989:4), beliau memberikan dua definisi bahasa. Pertama, bahasa adalah suatu sistem yang sistematis, barang kali juga untuk sistem generatif. Kedua, bahasa adalah seperangkat lambang-lambang mana suka atau simbol-simbol arbitrer.

Menurut Santoso (1990:1), bahasa adalah rangkaian bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia secara sadar.

Pengertian oleh Mackey (1986:12). Bahasa adalah suatu bentuk dan bukan suatu keadaan (lenguage may be form and not matter) atau sesuatu sistem lambang bunyi yang arbitrer, atau juga suatu sistem dari sekian banyak sistem-sistem, suatu sistem dari suatu tatanan atau suatu tatanan dalam sistem-sistem.

Menurut Wibowo (2001:3), bahasa adalah sistem simbol bunyi yang bermakna dan berartikulasi (dihasilkan oleh alat ucap) yang bersifat arbitrer dan konvensional, yang dipakai sebagai alat berkomunikasi oleh sekelompok manusia untuk melahirkan perasaan dan pikiran.

pendapat Wibowo, Walija (1996:4), mengungkapkan definisi bahasa ialah komunikasi yang paling lengkap dan efektif untuk menyampaikan ide, pesan, maksud, perasaan dan pendapat kepada orang lain.

Pendapat lainnya tentang definisi bahasa diungkapkan oleh Syamsuddin (1986:2), beliau memberi dua pengertian bahasa. Pertama, bahasa adalah alat yang dipakai untuk membentuk pikiran dan perasaan, keinginan dan perbuatan-perbuatan, alat yang dipakai untuk mempengaruhi dan dipengaruhi. Kedua, bahasa adalah tanda yang jelas dari kepribadian yang baik maupun yang buruk, tanda yang jelas dari keluarga dan bangsa, tanda yang jelas dari budi kemanusiaan.

Pengabean (1981:5), berpendapat bahwa bahasa adalah suatu sistem yang mengutarakan dan melaporkan apa yang terjadi pada sistem saraf.

Soejono (1983:01), bahasa adalah suatu sarana perhubungan rohani yang amat penting dalam hidup bersama.

Bahasa adalah sistem lambang bunyi ujaran yang digunakan untuk berkomunikasi oleh masyarakat pemakainya. Bahasa yang baik berkembang berdasarkan suatu sistem, yaitu seperangkat aturan yang dipatuhi oleh pemakainya. Bahasa sendiri berfungsi sebagai sarana komunikasi serta sebagai sarana integrasi dan adaptasi.


Berikut ini adalah pengertian dan definisi bahasa menurut para ahli:

# BILL ADAMS
Bahasa adalah sebuah sistem pengembangan psikologi individu dalam sebuah konteks inter-subjektif


# WITTGENSTEIN
Bahasa merupakan bentuk pemikiran yang dapat dipahami, berhubungan dengan realitas, dan memiliki bentuk dan struktur yang logis


# FERDINAND DE SAUSSURE
Bahasa adalah ciri pembeda yang paling menonjol karena dengan bahasa setiap kelompok sosial merasa dirinya sebagai kesatuan yang berbeda dari kelompok yang lain


# PLATO
Bahasa pada dasarnya adalah pernyataan pikiran seseorang dengan perantaraan onomata (nama benda atau sesuatu) dan rhemata (ucapan) yang merupakan cermin dari ide seseorang dalam arus udara lewat mulut


# BLOCH & TRAGER
Bahasa adalah sebuah sistem simbol yang bersifat manasuka dan dengan sistem itu suatu kelompok sosial bekerja sama.


# CARROL
Bahasa adalah sebuah sistem berstruktural mengenai bunyi dan urutan bunyi bahasa yang sifatnya manasuka, yang digunakan, atau yang dapat digunakan dalam komunikasi antar individu oleh sekelompok manusia dan yang secara agak tuntas memberi nama kepada benda-benda, peristiwa-peristiwa, dan proses-proses dalam lingkungan hidup manusia


# SUDARYONO
Bahasa adalah sarana komunikasi yang efektif walaupun tidak sempurna sehingga ketidaksempurnaan bahasa sebagai sarana komunikasi menjadi salah satu sumber terjadinya kesalahpahaman.


# SAUSSURE
Bahasa adalah objek dari semiologi


# Mc. CARTHY
Bahasa adalah praktik yang paling tepat untuk mengembangkan kemampuan berpikir

# WILLIAM A. HAVILAND
Bahasa adalah suatu sistem bunyi yang jika digabungkan menurut aturan tertentu menimbulkan arti yang dapat ditangkap oleh semua orang yang berbicara dalam bahasa itu


Bila dilihat dari beberapa definisi dan pengertian mengenai bahasa menurut beberapa ahli diatas, kita bisa melihat bahwa terdapat perbedaan definisi tentang bahasa dimana definisi dari setiap ahli tergantung dengan apa yang ingin ditekankan oleh setiap tersebut. Namun meskipun terdapat perbedaan, nampaknya disepakati bersama bahwa bahasa adalah alat komunikasi. Dan sebagai alat komunikasi , bahasa mempunyai fungsi-fungsi dan ragam-ragam tertentu.

(indahf/Carapedia)

Pencarian Terbaru (100)

Definisi bahasa. Pengertian bahasa menurut para ahli. Pengertian bahasa. Definisi bahasa menurut para ahli. Defenisi bahasa. Pengertian bahasa menurut beberapa ahli. Pengertian bahasa indonesia menurut para ahli.

Pengertian berbicara menurut para ahli. Pengertian bahasa menurut ahli bahasa. Definisi bahasa indonesia. Arti bahasa menurut para ahli. Definisi berbicara menurut para ahli. Pengertian kesehatan masyarakat menurut para ahli. Bahasa menurut para ahli.

Defenisi bahasa menurut para ahli. Fungsi bahasa menurut para ahli. Definisi bahasa menurut ahli bahasa. Pengertian bahasa sunda. Devinisi bahasa. Ciri ciri bahasa menurut para ahli. Definisi berbicara.

Definisi bahasa dari beberapa ahli. Pengertian lingkungan hidup menurut para ahli. Pengertian dan fungsi bahasa. Pengertian bahasa menurut pakar. Definisi tentang bahasa. Pengertian bahasa menurut ahli. Pengertian berbicara.

Pengertian menulis menurut para ahli. Lingkungan hidup menurut para ahli. Pengertian berbicara menurut para ahli bahasa. Pengertian menulis menurut para ahli bahasa. Definisi lingkungan menurut para ahli. Definisibahasa. Definisi bahasa menurut ahli.

Definisi bahasa menurut beberapa ahli. Pengertian kesehatan masyarakat menurut ahli. Definisi ilmu kesehatan masyarakat menurut para ahli. Pengertian lingkungan menurut para ahli. Pengertian integrasi sosial menurut para ahli. Arti fungsi dan ragam bahasa. Bahasa menurut.

Pengertian bahasa menurut pakar bahasa. Pengertian kesehatan lingkungan menurut para ahli. Arti bahasa menurut ahli. Fungsi bahasa menurut ahli. Definisi definisi komunikasi menurut para ahli. Perbedaan definisi dan pengertian. Beda definisi dan pengertian.

Pengertian ilmu bahasa. Pengertian integrasi menurut para ahli. Maksud bahasa ilmu. Pengertian bahasa menurut kbbi. Arti bahasa. Berbicara menurut para ahli. Ilmu pengetahuan bahasa.

Konsep bahasa sebagai satu sistem. Bahasa sebagai satu sistem. Pengertian fungsi bahasa. Pengertian lingkungan hidup menurut beberapa ahli. Pengertian berbicara menurut ahli. Pengertian bahasa indonesia menurut para ahli bahasa. Bahasa adalah.

Pengertian ilmu bahasa menurut para ahli. Difinisi bahasa. Bahasa pengertian. Pengertian bahasa dari beberapa ahli. Pengertian bahasa dari para pakar. Pengertian ilmu pengetahuan bahasa. Fungsi bahasa indonesia menurut para ahli.

Fungsi dan pengertian bahasa. Arti bahasa sebagai sarana komunikasi. Pengertian lingkungan sosial menurut para ahli. Arti lingkungan hidup menurut para ahli. Pengertian bahasa jerman. Pengertian integrasi sosial menurut ahli. Konsep sarana komunikasi.

Arti bahasa menurut ahli bahasa. Ciri ciri bahasa menurut pakar. Pengertian bahasa menurut ferdinand de saussure. Pengertian bahasa dari berbagai ahli. Integrasi sosial menurut para ahli. Ragam bahasa berdasarkan fungsi. Pengertian definisi bahasa.

Devenisi bahasa. Bahasa indonesia. defenisi bahasa. Ragam bahasa menurut para ahli. 10 definisi berbicara menurut para ahli. Fungsi bahasa para ahli. Pengertian gambar menurut beberapa ahli. Definisi definisi bahasa menurut para ahli.

Defenisi bahasa menurut pakar bahasa. Definisi bahasa ilmu. Makalah perbedaan bahasa manusia dan bahasa binatang. Pengertian bahasa menurut beberapa pakar. Pengertian bahasa dan fungsinya. Definisi lingkungan hidup menurut para ahli. Komunikasi yang baik menurut para ahli.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UNTUK TUGAS MAIL MERGE PADA OPEN OFFICE