Rabu, 03 Oktober 2012

Deskripsi Arsitektur client side and server side.


Randi pradipta 15109076


2.  - Aritektur Client Site
     - Aritektur Server Site
     - Definisi Aritektur Client Site dan Server Site

Arsitektur merupakan sekumpulan dari system sirkuit, chip, bus untuk ekspansi slot, BIOS dan lain-lainnya. Arsitektur system harus berdasarkan konfigurasi sistem secara keseluruhan yang akan menjadi tempat dari DBMS, basis data dan aplikasi yang memanfaatkannya yang juga akan menentukan bagaimana pemakai dapat berinteraksi dengannya.
 Tiga elemen utama sebuah arsitektur, masing-masing sering dianggap sebagai arsitektur, adalah:
1.    Arsitektur sistem pemrosesan,
2.    Arsitektur telekomunikasi dan jaringan, &
3.    Arsitektur data.
Arsitektur telematika adalah sebuah aplikasi yang secara logic berada diantara lapisan aplikasi (application layer dan lapisan data dari sebuah arsitektur layer – layer TCP/IP).
Arsitektur data Dalam arsitektur telematika terdiri atas dua arsitektur yaitu :
1.    Arsitektur Server Side Server
Sebuah server Web khusus yang menyediakan layanan untuk sebuah client. Bisa berupa informasi dan data yang dinginkan oleh client. Dan dalam server sering dikenal sebuah istilah yaitu tier, tier di dalam server digunakan untuk menjelaskan pembagian sebuah aplikasi yang melalui client dan server,  yang diproses dan hasilnya akan dikembalikan kepada client .
2.    Arsitektur Client Side Client
Merupakan satu aplikasi komputer yang ada pada satu komputer pengguna  dan terhubung ke satu server. Client bersifat menerima apa yang dikirimkan oleh sebuah server.
Jadi arsitektur client server merupakan suatu pembagian tugas antara penyedia layanan (server) dengan penerima layanan (client) , client server biasanya digunakan melalui sebuah jaringan komputer dengan hardware yang terpisah. Oleh karena itu sering sekali kita saat meminta sebuah layanan dikirimkan melalui komputer terkadang lama, karena servernya harus mengkonfirmasi terlebih dahulu, dan akan menerima hasil pemrosesan data yang dilakukan oleh server kemudian ditampilkan kepada user pada sebuah aplikasi yang dapat berinteraksi langsung dengan user. Dalam arsitektur client server pun memiliki beberapa permodelan, yaitu : Ø Arsitektur Mainframe Permodelan ini menyediakan waktu dan sebagian memorinya untuk pemakai, kemudianberpindah user lain dan kembali pada user awal. Didalam media penyimpanan server terdapat file-file yang dapat diakses langsung oleh user namun arsitektur ini memiliki keterbatasan dalam proses sharing.

Service pada telematika
Ada 3 macam service pada telematika, yaitu :
1. Layanan Informasi
Layanan Informasi adalah suatu penggabungan telekomunikasi digital dengan                teknologi komputer yang mempunyai peran penting dalam komunikasi. Agar informasi tidak tercampur-campur sehingga perlu adanya layanan informasi.
Contoh layanan informasi :
• Emergency rescue with 911
• Car location tracing (thief-proof)

2. Layanan Keamanan
Layanan Keamanan adalah suatu bentuk layanan yang menyediakan keamanan     informasi dan data yang ada. Layanan keamanan bisa berupa penentuan akses kontrol, penggunaan protokol dan enkripsi.
Contoh layanan keamanan :
• Navigation assistant (real-time traffic information)
• Weather, stock information
• Entertainment and M-Commerce

3.    Layanan Context Aware & Event Base
Layanan Context Aware & Event Base adalah suatu layanan yang mengacu terhadap kemampuan dari layanan suatu jaringan yang digunakan untuk
mengetahui penggunaan jaringan tersebut.
Contoh layanan context aware & event base :
• Vehicle Diagnostic Service
• Car Insurance based on driving statistic
Deskripsinya adalah
server side maksudnya script/program berjalan di server dan client tidak bisa melihat listing program. Client hanya mendapat hasil dari program yang dijalankan di server. Contoh PHP.

client side maksudnya script/program berjalan di komputer client dan pengguna/client bisa melihat listing program. Contoh HTML, Javascript.




Randi pradipta
15109076
4 KA 11

1 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai mail server, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5459/1/JOURNAL.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    Balas

    BalasHapus

UNTUK TUGAS MAIL MERGE PADA OPEN OFFICE