Rabu, 25 Maret 2015

OPEN OFFICE

-->
OpenOffice.org adalah seperangkat lunak perkantoran yang didalamnya terdapat fungsi pengolah kata (word processing), pengolah lembar (spreadsheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolahan data, web editor, database, dan formula editing.
OpenOffice.org dikembangkan oleh Komunitas OpenOffice.org yang didirikan oleh Sun Mycrosystem. OpenOffice.org merupakan perangkat lunak yang gratis dan open source, dan siapa pun bisa mengakses kode sumber pembangunnya dan bisa merubah kode sumbernya.


OpenOffice.org bisa tersedia dalam 2 (dua) muka baik dengan sistem operasi Windows dan Linux. Selain itu OpenOffice.org mendukung format berbagai format file Microsoft Office.
Komponen dalam OpenOffice.org adalah :


1. OpenOffice.org Writer, adalah program perkantoran untuk mengolah kata dan sama seperti Microsoft Word pada Microsoft Office. Berguna untuk membuat dokumen tulisan, misal surat, buku, laporan, dll.
2. OpenOffice.org Calc, adalah aplikasi perkantoran berupa spreadsheet yang lengkap, sama seperti Microsoft Excell pada Microsoft Office.
3. OpenOffice.org Impress, adalah program untuk membuat presentasi sebagaimana Microsoft PoworPoint pada Microsoft Office.
4. OpenOffice.org Draw, adalah program untuk menggambar dan dilengkapi dengan tool dalam membuat 3D, membuat efek kewarnaan, dll. Program ini hampir sama dengan Microsoft Visio pada Microsoft Office.
5. OpenOffice.org Math, adalah program untuk menulis formula (rumus matematika), seperti halnya Microsoft Equation Editor pada Microsoft Office.
6. OpenOffice.org Base, adalah aplikasi untuk membuat database, seperti halnya Microsoft Access pada Microsoft Office.


OpenOffice.org adalah aplikasi perkantoran yang kini banyak digunakan oleh perusahaan baik di Indonesia maupun negara lainnya, hal ini dikarenakan aplikasi perkantoran ini mempunyai kemampuan multiplatform dan dapat digunakan dibanyak Sistem Operasi baik itu Microsoft Windows, Linux maupun Macintosh. Selain itu OpenOffice.org menggunakan basis Open Source sebagai basis pengembangannya membuat aplikasi ini cepat berkembang dan gratis.


Pada saat ini OpenOffice.org telah mencapai versi 2.0 dimana kemampuan yang dimilikinya sudah sangat jauh berbeda dengan versi-versi sebelumnya termasuk kemampuannya untuk memanfaatkan teknologi OpenDocument (odt) yaitu teknologi yang membuat dokumen dapat digunakan secara bersama-sama tidak saja berbeda sistem operasi, melainkan berbeda gadget/alat seperti Personal Computer, Personal Digital Assistant, Smartphone dan lain-lain.

 
Dengan banyaknya kemampuan yang dimilikinya OpenOffice.org ini, maka OpenOffice.org sangat tepat dipelajari dan dijadikan aplikasi perkantoran andalan anda dimasa depan
Merupakan produk office suite yang dikeluarkan oleh Microsoft yang dibangun dan untuk digunakan pada lingkungan sistem operasi Microsoft Windows dan Apple Macintosh. Sebagai aplikasi yang digunakan pada lingkungan perkantoran, office suite ini mendukung penggunaan yang berhubungan dengan server dan layanan berbasis web (web-based services).

 
Paket perangkat lunak yang diproduksi oleh Microsoft, yang dikhususkan sebagai perangkat lunak perkantoran. Perangkat lunak ini pada awalnya terdiri dari Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint dan Microsoft Access. Namun pada versi terakhir ini juga dilengkapi dengan beberapa aplikasi lainnya seperti Microsfort Outlook dan Microsoft Visio.

****open office (OO) merupakan software (yang tentunya bisa di uninstall dan di install) text-based untuk platform linux. OO merupakan freeware. ada perbedaan yang cukup mencolok dari kedua software tersebut,misalnya untuk word. di ms office ekstensi file dapat berupa .doc (office 2003 and under) atau .docx (Office 2007) dan di open office berupa .odt

artinya file yang kamu tulis di ms office jarang dapat dibaca di open office, kecuali kalo kamu pake open office versi terbaru yang udah mendukung .doc (namun belum .docx)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

UNTUK TUGAS MAIL MERGE PADA OPEN OFFICE